Pusat Informasi Bisnis Indonesia Terlengkap

Cara Memulai Bisnis Online dengan Sistem Pre-Order yang Mudah 2022

Cara Memulai Bisnis Online dengan Sistem Pre-Order yang Mudah 2022

Gagal mulu saat mencoba memulai berbisnis online? Cara memulai bisnis online dengan sistem pre-order yang akan kami bagikan ini sepertinya cocok untuk Anda coba praktekkan. 

Apa itu sistem pre-order (PO)? Ini merupakan sistem yang sering ditemui di dunia bisnis online, dimana pelaku bisnis bersepakat dengan konsumen bahwa mereka harus membayarkan sejumlah uang di awal, kemudian barang akan datang dibeberapa waktu kemudian sesuai perjanjian di awal.

Peluang bisnis sistem pre-order ini memang banyak diminati, terutama bagi pelaku bisnis online pemula. Pasalnya, bisnis online sistem pre-order tidak memerlukan modal besar, bahkan ada jenis bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal.

Cara Memulai Bisnis Online dengan Sistem Pre-Order yang Mudah 2022

Sebenarnya cara memulai bisnis online dengan sistem pre-order terbilang cukup mudah, bahkan buat pelaku bisnis online pemula sekalipun. Anda di sini hanya perlu mendesain produk semenarik mungkin, membuat copywriting yang terbaik dan memiliki jaringan internet yang kencang, Anda sudah bisa memulai bisnis online tersebut.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnis onlinemu berjalan sesuai keinginan dan berkembang. Biar gampangnya, silakan simak cara memulai bisnis online dengan sistem pre-ordernya berikut ini.

Selalu Perhatikan Kualitas Produk

Sebagai langkah pertama yang harus Anda perhatikan saat memulai bisnis online sistem pre-order adalah kualitas dari produk itu sendiri.

Ya, pada dasarnya sistem bisnis online pre-order menuntut konsumennya untuk lebih sabar menunggu untuk mendapatkan produk. Makanya, pelaku bisnis harus memastikan bahwa produk yang dijualnya memiliki kualitas yang terbaik. Dengan begitu hal tersebut tidak akan membuat konsumen kecewa.

Dengan menawarkan produk yang berkualitas baik, tentu saja hal tersebut juga akan membuat Anda lebih percaya diri untuk menawarkan produk ke orang banyak. Ingat, kepercayaan calon dan konsumen adalah hal yang sangat penting.

Karena bisa saja konsumen pertamamu akan menjadi pelanggan setia dan loyal terhadap bisnis online Anda.

Memilih Vendor Terbaik

Maksud dari vendor terbaik adalah vendor yang kredibel dan sudah teruji kualitasnya. Vendor seperti inilah yang patut diajak kerjasama dengan bisnismu. Pasalnya, vendor yang demikian dapat dipastikan bisa bekerja secara professional untuk memproduksi produk pesanan di bisnis onlinemu.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan riset terlebih dulu, bandingkan dengan beberapa vendor lainnya, serta jangan lupa untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tiap – tiap vendor.

Disarankan agar Anda memilih vendor yang bisa memberikan harga produksi yang paling terjangkau, namun berkualitas baik dengan begitu Anda pun juga akan mendapatkan untung besar, sebab Anda bisa dengan mudah menentukan harga jual yang kompetitif.

Menentukan Target Penjualan

Ya, sebelum membuka PO, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan target penjualan.

Menentukan target penjualan memang sangat diperlukan dalam bisnis online untuk mengatur strategi penjualan produk atau jasa. Semakin besarnya target yang akan dibidik, tentunya semakin butuh usaha yang ekstra dan strategi bisnis online yang efektif.

Target penjualan untuk jenis bisnis online ini misalnya tentu harus berkolerasi dengan kapasitas yang Anda miliki sebagai pelaku bisnis, baik itu modal, Sumber Daya Manusia (SDM) dan lain – lain.

Anda tidak disarankan untuk terlalu memaksakan target penjualan yang terlampau tinggi, akan lebih baik lagi jika berjalan secara perlahan asalkan target tersebut bisa tercapai. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan target penjualan secara efektif dengan kapasitas yang Anda miliki.

Perhatikan Sumber Daya Manusia (SDM)

Cara memulai bisnis online dengan sistem pre-order berikutnya adalah dengan memperhatikan Sumber Daya Manusia. Pada dasarnya sebuah bisnis yang dijalankan dengan sistem pre-order ini membutuhkan Sumber Daya Manusia yang tangguh.

Misalnya, apabila Anda menargetkan penjualan yang tinggi, maka Anda harus memiliki Sumber Daya Manusia yang terdiri dari beberapa tim, antara lain tim produksi, admin social media hingga tim Customer Service (CS).

Jika bisnis online Anda sudah memiliki tim lengkap, maka langkah selanjutnya adalah membangun tim yang solid, sehingga tercapai tujuan yang diinginkan.

Menentukan Jadwal Pre-Order

Ingat, biar bisnismu dapat berjalan dengan baik dan berkembang, Anda tidak disarankan untuk membuat PO di setiap hari. Akan lebih baik jika Anda membuat PO di setiap akhir bulan hingga awal bulan.

Ini merupakan tips bisnis online sistem pre-order paling efektif. Dimana pada rentan waktu tersebut kebanyakan orang sudah mulai gajian dan biasanya juga sudah mulai mencari – cari barang yang mereka butuhkan dan inginkan.

Artinya, bisnis onlinemu akan lebih mudah lagi menarik perhatian konsumen.

Perhatikan Jumlah Pesanan

Ketika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis onlijne dengan sistem PO, maka langkah berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah jumlah pesanan.

Silakan perhatikan dengan baik kemampuan produksi Anda, jangan sampai karena terlalu terobsesi dengan jumlah pesanan yang banyak, padahal Anda sendiri tidak memiliki kemampuan untuk memproduksinya dalam jumlah besar.

Ingat, dalam berbisnis online Anda tidak disarankan untuk membuat konsumenmu kecewa. Jangan sampai konsumenmu justru mengurungkan niatnya ketika berbelanja di toko onlinemu.

Perhatikan Cara Komunikasi dengan Konsumen

Kepercayaan adalah salah satu kunci keberhasilan suatu bisnis online. Oleh karenanya, komunikasi yang baik menjadi prioritas utama bisnis Anda.

Jadi, silakan respon pertanyaan dan keluhan konsumenmu sebaik mungkin. Jelaskan dengan baik alur yang harus mereka lewati untuk mengikuti pre-order. Jangan lupa, manfaatkan juga media komunikasi yang ada seperti social media, telepon, SMS, email, LINE, WhatsApp dan lain – lain untuk merespon konsumen yang menghubungi Anda nanti.

Catat Semu Pesanan yang Masuk

Pencatatan pesanan tentunya harus dilakukan dengan tepat. Jangan sampai Anda salah ketika melakukan pencatatan pesanan, hal ini bisa membuat konsumenmu kecewa dan melakukan komplain.

Oleh karenanya Anda harus membuat pencatatan pesanan secara mendetail, mulai dari nama konsumen, nomor telepon yang bisa dihubungi, detail pesanan, alamat konsumen, jenis pesanan, ukuran, warna dan lain – lain.

Buat Alasan Kenapa Konsumen Harus Ikut PO

Untuk menarik perhatian konsumen, salah satu langkah terbaiknya adalah memberikan satu alasan yang kuat kenapa konsumen harus mengikuti pre-order di toko onlinemu. Buat alasan yang menarik perhatian mereka.

Mungkin Anda bisa memberikan voucher, bonus, diskon atau promo menarik lainnya. Salah satu dari 4 hal tersebut bisa banget Anda jadikan alasan kuat untuk menarik konsumen dan mendapatkan konsumen lebih banyak lagi untuk ikut PO produk yang Anda tawarkan.

Memberikan Alur Pemesanan yang Jelas

Buat alur pemesanan yang jelas dan jangan lupa untuk menginformasikan kepada konsumen tentang alur pemesanan tersebut penting dilakukan. Tidak hanya bisa memudahkan konsumen untuk memahami sistem PO, Anda juga bisa mendapatkan kepercayaan konsumen.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara memulai bisnis online dengan sistem pre-order yang mudah 2022. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *